SEKILAS INFO
: - Selasa, 16-07-2024
  • 3 tahun yang lalu / MTsN 2 Aceh Barat Daya Menyelenggarakan Raker Penyusunan Rencana Kerja Madrasah (RKM) dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Madrasah
  • 4 tahun yang lalu / Pembelajaran Di Fase New Normal|Wakil Bupati Aceh Barat Daya Tinjau Pembelajaran Fase New Normal MTsN 2 Aceh Barat Daya
  • 4 tahun yang lalu / Pembelajaran Tatap Muka Fase New Normal MTsN 2 Aceh Barat Daya
7 Resep menjadi pemimpin Madrasah yang berhasil di masa pembelajaran jarak jauh.

Dalam situasi Madrasah sedang mengalami pembelajaran jarak jauh ini ada banyak hal yang mesti dilakukan oleh seorang pemimpin di Madrasah. Sekolah mempunyai komunitas pembelajar yang terdiri dari kepala Madrasah, guru dan siswa serta orang tua siswa. Saatnya menhadapi semua ini dengan pikiran jernih dan mengutamakan proses belajar mengajar yang bermakna dan memastikan bahwa siswa tetap menjadi subyek pembelajaran.

Berikut ini adalah cara terbaik dalam memastikan kepala Madrasah sebagai pemimpin tetap berperan dalam memastikan sekolahnya tetap efektif selama pembelajaran jarak jauh.

  1. Terus perhatikan bagaimana guru dan siswa menyesuaikan diri terhadap situasi terbaru ini. Hindari menerapkan kebijakan yang mendadak dan membuat repot semua orang. Saat anda memperhatikan dan mengikuti dengan seksama pasti ada saja hal yang memerlukan bantuan anda sebagai pimpinan. Entah itu berupa kebijakan atau dukungan yang berarti bagi memaksimalkan kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran.
  2. Setelah yakin bahwa ada satu area yang perlu dukungan segera kerjakan dan selesaikan. Minta umpan balik dari semua yang ada di sekolah. Dijamin akan timbul kepuasan dari semua pihak dikarenakan hal yang penting sudah diselesaikan dan bisa beranjak kepada hal lainnya.
  3. Dalam menghadapi situasi baru ini kepala madrasah mesti bersedia belajar dari siapa saja untuk kemudian memastikan dirinya bersedia juga diberikan masukan oleh siapa saja.
  4. Pemimpin yang baik berbicara dengan siapa saja dan mengontak siapa saja. Ia bukan orang yang pilih pilih dalam berbicara dan meminta pendapat mengenai kinerja sekolahnya. Ia senang menemui orang lain dan mengontak orang lain demi kemajuan madrasahnya.
  5. Minimalisir hal negatif. Ia tahu bahwa semua hal yang negative bisa dimulai dan berasal dari aspek komunikasi. Untuk itu pemimpin madrasah yang berhasil tahu mesti menangani masalah komunikasi dengan baik. Dengan cara itu ia bisa meminimalisir hal yang negatif.
  6. Tetap humoris dan menyenangkan. Ia tahu bahwa kesulitan tetap akan terus ada dan bagaimana cara menghadapinya lah hal yang paling penting. Dengan pemimpin terus bisa melihatnya dari sisi yang menyenangkan maka hal itu akan membuat semangat bangkit kembali.
  7. Guru tetap tahu apa yang kepala madrasahnya lakukan. Saat sulit guru akan ingin tahu apa yang pemimpinnya lakukan. Untuk itu penting bagi kepala madrasah untuk terus lakukan tugasnya sebagai pemimpin, mitra bahkan pelayan bagi guru gurunya. Kepala madrasah bisa ada didepan disamping dan dibelakang guru gurunya memastikan semua kebutuhan guru gurunya terpenuhi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Pengumuman Kelulusan Siswa MTsN 2 Aceh Barat Daya Tahun 2024

Pengumuman Kelulusan Seleksi PPDB TP. 2024/2025 MTsN 2 Aceh Barat Daya

Pengumuman Kelulusan Siswa MTsN 2 Aceh Barat Daya Tahun 2023